Haryantomotor-Cara mengganti v belt yamaha mio Sendiri Di jamin Bisa-Hallo
para pecinta otomotif pada kesemptan kali ini saya ingin berbagi innformasi
tentang bagaimana caranya mengganti sendiri V belt di rumah,jadi para sobat
tidak harus ke bengkel sekalian belajar kan lumayan juga untuk penghematan
maklum di jaman serba susah.untuk sahabat yang menginginkan ganti v belt serta
roller pada CVT skutik kesayangannya sendiri mungkin saja tulisan saya ini
dapat jadi deskripsi apa sajakah yang perlu di buat persiapan serta dikerjakan
nanti. Dalam pergantian V belt serta roller umumnya sekalian dikerjakan bersih
bersih pada ruang CVT seperti kampas kopling sentrifugal serta pemberian grease
pada pully sekunder atau sisi CVT yang aktif tetapi tak bisa hingga tentang V
belt karna bakal mengakibatkan selip.
Alat-alat yang digunakan :
Kunci T 8 mm
Obeng (+) mata besar
Obeng (+) mata kecil
Impact dengan kunci Sok 17 mm
Impactkunci Sok 24 mm
Stang Sok
Tracker Pully CVT
V-Belt CVT baru
Roller baru
Grease/Fat
(NB: Jika tidak ada Impact Kunci Sok Biasa juga bisa, tapi
harus Hati-hati dalam mengaplikasikannya, karena dapat merusak komponen CVT
jika tidak hati-hati.)
Cara Membongkarnya Sebagai Berikut:
Pertama Bukalah Cover CVT disamping serta cover atas dengan
melepas baut 8 mm dengan kunci T 8 mm serta dua buah baut dengan obeng (+)
besar
Keluarkanlah sisi bagian dari elemen filter dari cover
Buka baut pengikat cover filter serta klem air duct lalu
terlepas cover filter
Buka baut pengikat air duct serta terlepas air duct
Buka Semua baut pengikat crankcase cover atau tutup cvt
dengan kunci T 8 lalu buka Cover CVT
Sesudah CVT terbuka lalu tinggal Buka pully CVT sisi depan
dengan memakai impact dengan kunci sok 17 mm serta tracker pully sebagai
penahan supaya pully tak berputar hingga mur dapat dilepas
Buka mur serta ring penahan bersama Sheave primery fixed
atau pully sisi luar dari pully penggerak/paling utama dengan memakai kunci sok
17 mm apabila tak miliki tracker dapat lewat cara meletakan besi atau baut pada
di mana ujungnya diletakkan disirip sisi dalam serta ujung satu lagi di dinding
atas dari blok CVT
Copot V belt dari pully secunder terus Keluarin
Buka Primery sliding seave comp atau tempat tinggal roller
bersama sisi lain lalu bersihkan dari debu yang melekat dengan semprotan
kompresor atau mungkin dengan memakai kuas ukuran 2 "
.
Terlihat Roller serta tempat tinggalnya begitu kotor dengan
kerak, bersihkan tempat tinggal roler serta ganti roller dengan yang baru
Buka tutup kopling sentrifugal dengan memakai kunci sok 24
mm bersama tracker CVT, di bawah ini langkah melepas tanpa ada memakai tracker,
mesti berhati hati karna alatnya tak standard.
opot pully secunder bersama kopling dari as gear box
Buka kampas kopling dari pully secunder dengan kunci kopling
serta kerjakan pembersihan lalu di beri grease.
Sesudah semuanya part dibikin bersih serta di beri grase
lalu kerjakan pemasangan kembali dengan langkah kebalikan dari pembongkaran
serta ganti part dengan yang baru pada roller serta v belt. di sini karna
perpak telah rusak jadi saya gunakan terakhir.
Itulah Cara Memasang V-Belt Untuk Motor Yamaha Mio, untuk
Sepeda motor Honda Beat, Vario, Dan Juga Spacy Caranya Hampir Sama cuman
penggunaan alat-alatnya saja yang berbeda.
sekian dan terimakasih semoga bermanfaat.
0 Comments