KARBURATOR PE28

Haryantomotor-Halo para bikers mania kali ini saya akan memberikan penjelasan sedikit tentang   KARBURATOR PE 28,seperti yang kalian tau bahwa karburator adalah komponen penting dalam sepeda motor ibarat tubuh manusia karburator itu seperti lambung yang mencerna makanan dan membagi nutrisi untuk tenaga dan kesehatan tubuh aiihhh..ngaco hehhe
para mekanik sudah paham betul tentang karburaot karna pada komponen inilah step akhir dalam menyeting kecepatan motor ok berikut penjelasan ringkas nya semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian semua.

  • Karburator adalah sebuah alat yang mencampur udara dan bahan bakar untuk sebuah mesin pembakaran dalam. Karburator masih digunakan dalam mesin kecil dan dalam mobil tua atau khusus seperti yang dirancang untuk balap mobil stok. Kebanyakan mobil yang diproduksi pada awal 1980-an telah menggunakan injeksi bahan bakar elektronik terkomputerisasi. Mayoritas sepeda motor masih menggunakan karburator dikarenakan lebih ringan dan murah, tetapi pada 2005 sudah banyak model baru diperkenalkan dengan injeksi bahan bakar, Karburator pertama kali ditemukan oleh Karl Benz pada tahun 1885 dan dipatenkan pada tahun 1886. Pada tahun 1893 insinyur kebangsaan Hungaria bernama János Csonka dan Donát Bánki juga mendesain alat yang serupa. Adalah Frederick William Lanchester dari Birmingham, Inggris yang pertama kali bereksperimen menggunakan karburator pada mobil. Pada tahun 1896 Frederick dan saudaranya membangun mobil pertama yang menggunakan bahan bakar bensin di Inggris, bersilinder tunggal bertenaga 5 hp (4 kW), dan merupakan mesin pembakaran dalam (internal combustion). Tidak puas dengan hasil akhir yang didapat, terutama karena kecilnya tenaga yang dihasilkan, mereka membangun ulang mesin tersebut, kali ini mereka menggunakan dua silinder horisontal dan juga mendisain ulang karburator mereka. Kali ini mobil mereka mampu menyelesaikan tur sepanjang 1.000 mil (1600 km) pada tahun 1900. Hal ini merupakan langkah maju penggunaan karburator dalam bidang otomotif ,Karburator umum digunakan untuk mobil berhahan bakar bensin sampai akhir 1980-an. Setelah banyak kontrol elektronik digunakan pada mobil, penggunaan karburator mulai digantikan oleh sistem injeksi bahan bakar karena lebih mudah terintegrasi dengan sistem yang lain untuk mencapai efisiensi bahan bakar. Source-wikipedia
  1. PE

Karburator PE 28 Japan (SUDCO)


Pertama, kita akan mengulas karbu PE 28 Japan (SUDCO) atau biasa disebut juga dengan PE 28 Racing. Ciri-ciri tipe karburator Japan yang asli atau original yaitu pertama desain yang dimiliki spare part ini terbilang cukup mewah dan elegan. Bahkan, bentuk bodinya pun cukup mulus dan tampak begitu rapi dengan polesan warna yang cenderung gelap.
 karbu PE 28 Japan (SUDCO)  cukup mahal, pada karburator ini terlihat tulisan “Keihin” timbul yang berukuran besar dan jelas yang tertera pada botol skepnya.
Selain itu, tulisan “PE” dengan bentuk timbul pun juga tampak jelas dengan skep yang tak terlalu panjang. Tetapi, khusus untuk SUDCO dilengkapi jarum skep berwarna kuning semu keemasan dan disematkan juga pengaturan.
Harga karburator PE 28 Japan (SUDCO) atau PE 28 Racing ini berkisar antara Rp 1.6 jutaan – Rp 1.9 jutaan.tergantung kota anda

Karburator PE 28 TDR

Kita  akan mengulas  karburator PE 28 TDR di mana untuk karburator yang original dari tipe ini memiliki ciri-ciri yang tak jauh berbeda dengan karburator PE 28 Japan.  karburator PE 28 TDR ini juga memiliki tampilan bodi yang cukup halus dan rapi dengan balutan warna gelap pada bodinya.
Akan tetapi, untuk tipe karburator ini, tulisan “Keihin” tak tertera pada botol skepnya sebagaimana tipe PE 28 Japan yang mana tulisan “Keihin” justru tertera jelas pada bodinya. Namun dengan harga harga karburator PE 28 TDR yang lebih murah dari tipe 28 Japan, tipe karburator PE 28 TDR ini memiliki ukuran skep yang cukup panjang dan jarum skep model racing lengkap dengan pengaturan atau setelannya.
Yang cukup menarik yaitu pada mangkuk karbu dari tipe PE 28 TDR ini tampak dengan jelas logo “TDR” yang sudah diemborse lengkap dengan stiker hologram dan kode spare part.
Harga karburator PE 28 TDR dibanderol seharga Rp 1 jutaan – Rp 1.4 jutaan saja.

Karburator PE 28 Kawahara

Nah, yang terakhir yaitu  karburator PE 28 Kawahara. Secara umum, untuk ciri-ciri yang dimiliki tipe karburator original dari jenis atau tipe ini pun juga memiliki ciri-ciri hampir sama dengan karburator tipe lain. Di mana, karburator PE 28 Kawahara ini juga mengusung bentuk bodi dengan desain yang cukup mulus dan rapi.
Bahkan, warna gelap pun juga terpoleskan pada bodinya dan memiliki pelampung berwarna putih. Sayangnya karena harga harga karburator PE 28 Kawahara yang memang lebih murah, tipe 28 Kawahara ini pelampungnya tidak bisa diatur namun justru model jarum skep racing bisa disetting atau diatur sesuai selera maupun kebutuhan. Selain itu, yang cukup penting untuk mengetahui ciri-ciri keasliannya yaitu logo Kawahara timbul beserta kode part ketrikan yang bisa dilihat pada bodinya.
Bagi kamu yang ingin membeli karburator PE 28 dengan banderol cukup terjangkau maka tipe ini bisa menjadi pilihannya.
Harga karbu PE 28 Kawahara ini terbilang cukup kompetitif dan terjangkau di mana dibanderol pada kisaran Rp 650 ribu – Rp 850 ribu saja.
Kelebihan dan Kekurangan Karburator PE 28 :
Setelah kamu mengatahui harga dari tiap masing-masing merk diatas, Tidak ada salahnya jika kamu mengetahui kelebihan dan kekurangan Karburator PE 28 original berikut ini

Kelebihan karburator PE 28

Kelebihan karburator PE 28 yang pertama yaitu tipe ini memiliki desain yang terbilang cukup dinamis lengkap dengan skep yang dibentuk membulat dan umumnya berlapis chrome.
Performa yang dimiliki karburator PE 28 ini sangat baik dimana memiliki tarikan karburator yang cukup baik dan mudah diatur. Sehingga sangat cocok bagi sobat pecinta road race maupun drag race. Hal ini tentu menjadi salah satu kelebihan karburator PE 28 yang menjadi pertimbangan banyak penggunanya.

Kekurangan karburator PE 28

Boros merupakan salah satu kekurangan karburator PE 28 ini, terutama ketika kapasitas mesinnya tidak lebih dari 130 cc. Bahkan, pada tipe karburator 2 tak dengan jarum skep yang sangat mudah mengecil.
Pengaturan spuyer yang tak sesuai juga sering dikeluhkan para penggunanya, apalagi untuk mesin di bawah 130 cc. Pasalnya, apabila menggunakan tipe karburator PE 28 ini, umumnya akan menemui kesulitan pada pengaturan setting karburasinya. Meskipun demikian kekurangan karburator PE 28 tersebut tak membuat penggunanya surut.
Dengan mengetahui beberapa kelebihan dan kekurangan karburator PE 28 tersebut maka kamu bisa lebih untuk mempertimbangkan kembali sebelum dibenamkan pada mesin kendaraan kamu.
Itulah mengenai  Karbu PE 28 Original serta Kelebihan dan Kekurangannya.

Post a Comment

0 Comments